Perbandingan Layer 1-3 Pada Protokol OSI



Pada protokol OSI, sebenarnya ada 3 layer yang hampir dimiliki oleh semua perangkat jaringan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Layer yang dimaksud ialah Physical, Data link, dan Network. Sebab ketiga layer tersebut sebenarnya dimiliki hampir setiap perangkat jaringan, seperti router, Ethernet, Hub, dll, dan hal inilah yang membedakan ke-3 layer ini dari layer-layer lainnya pada Protokol OSI. Contohnya, dapat kita ambil router. Sebenarnya router sangat berperan pada layer Network sebagai routing, menentukan jalur pengiriman ke tujuan. Namun router secara tidak langsung memiliki dan membutuhkan peran dari Layer Physical dan Layer Datalink. Layer Physical berguna untuk menangani pengiriman bit-bit data pada bagian kabel dan koneksinya dan Layer Data Link untuk address secara fisiknya (MAC Address) pada port Ethernetnya. Dengan demikian, dapat kita simpulkan sebenarnya banyak hardware yang memiliki ketiga Layer dasar / Media Layer namun belum tentu memiliki Layer diatasnya (Layer Tranport, Session, Presentation, Application) yang juga disebut Host Layer.

Nah, pada bagian kali ini, saya ingin membandingkan antara ketiga layer dasar/media layer tadi (physical, datalink, network). Perbandingan kali ini akan saya ambil dari aspek hardware yang berperan pada setiap layer dan juga protokol yang berperan.
  1. Physical Layer
Seperti pada posting saya sebelumnya, Physical layer merupakan layer yang berhubungan langsung pada electrical dan optical koneksi pada jaringan dan berfungsi untuk mengirim bit-bit data pada saluran komunikasi. Hardware yang berperan dalam hal layer ini ialah network adapter/NIC, hub, repeater. Selain itu, pada aspek protokol, protokol yang bekerja pada layer physical antara lain:
- IEEE 802.2 (Ethernet Standart)
- ISDN
- ISO 2110.
  1. Data Link Layer
Data Link layer akan memeriksa keadaan data, apakah terjadi kesalahan atau tidak. Dalam layer ini pula, pengalamatan data juga terjadi dari dan ke manakah data akan dituju. Hardware yang berhubungan dalam layer ini antara lain Ethernet, HUB dan switch. Juga terdapat protokol yang bekerja pada layer ini antara lain:
- Media Access Control : suatu sistem untuk mengatur sinyal-sinyal supaya tidak terjadi collision / tabrakan.
  1. Network Layer
Network layer berperan untuk meneruskan data sesuai pengalamatan pada Data Link Layer. Untuk hardware yang bekerja pada layer ini ialah router, yang berfungsi untuk merouting (meneruskan) data-data sesuai pengalamatan. Juga untuk protokol yang bekerja pada layer ini ialah :
- ARP (Address Resolution Protocol) : standart protokol yang mengubah Protokol Address menjadi Hardware Address.
- RARP (Reverse Address Resolution Protocol) : standart protokol yang mengubah Hardware Address menjadi Protokol Address.
- ICMP (Internet Control Message Protocol)
- RIP (Routing Information Protocol)
- Dll

Aspek
LAYER
Physical Layer
Data Link Layer
Network Layer
Hardware
RJ-45/RJ-48, Kabel UTP dan Kabel STP
Ethernet, Hub, Switch
Router
Protokol
IEEE 802.2 (Ethernet Standart), ISDN, ISO 2110.
Media Access Control
ARP, RARP, OSPF, ICMP, RIP, dll
Pengalamatan
MAC Address
MAC Address
IP Address

0 comments: